Andi Utta - Andi Edy Manaf
Berita  

Tim PKK Provinsi Sulawesi Selatan Evaluasi PKK Kabupaten Bulukumba

Bulukumba,- Ketua Tim Penggerak PKK Bulukumba Andi Herfida Muchtar menerima kunjungan Tim dari PKK Provinsi Sulawesi Selatan di Rumah Jabatan Bupati, Kamis 6 Juli 2023.

Tim ini datang ke Bulukumba dalam rangka melakukan Supervisi Monitoring Evaluasi dan Pelaporan (SMEP) terhadap program kerja PKK Bulukumba, khususnya untuk mengecek sejauh mana 10 Program PKK sudah berjalan.

Tim yang dipimpin oleh Andi Onny Noormita ini melakukan SMEP terhadap 6 aspek, yaitu administrasi pembukuan, pembendaharaan, serta program kerja di Kelompok Kerja (Pokja) 1 sampai Pokja 4.

Pengurus PKK Bulukumba Asnarti Said Culla menyampaikan selain mengecek administrasi di sekretariat, Tim SMEP juga melakukan kunjungan ke lokasi program, diantaranya program Aku Hatinya PKK di Desa Salassae, Program Pemberdayaan UKM di Desa Topanda, dan program Rumah Gizi dan Rumah Dilan (Pendidikan dan Pelatihan) di Desa Polewali.

“Tim SMEP kunjungan ke lapangan, juga untuk memastikan program bantuan keuangan provinsi untuk penanganan Stunting melalui Rumah Gizi sudah berjalan,” ungkapnya.

Lebih jauh Asnarti menjelaskan bahwa di Rumah Gizi ini, pihaknya melakukan pendampingan selama 3 bulan atau 90 hari kepada 45 anak Stunting di Desa Polewali dengan melibatkan berbagai stakeholder, seperti OPD terkait, pemerintah desa, Baznas dan Orang Tua Asuh Stunting.

“Setiap anak Stunting terus dipantau perkembangannya oleh tim yang telah ditunjuk. Kita berharap melalui rumah gizi ini, kondisi anak tersebut menjadi normal kembali,” pintanya.

Terpisah Andi Herfida Muchtar mengutarakan bahwa rekomendasi perbaikan dari Tim SMEP Provinsi wajib ditindaklanjuti oleh sekretariat, bendahara dan Pokja.

“Ini membantu mengevaluasi kinerja PKK Bulukumba, sehingga rekomendasinya harus dibahas secara bersama oleh pengurus untuk mengatasi berbagai kekurangan yang ditemukan oleh Tim SMEP,” bebernya.

Lebih lanjut Herfida mengatakan pihaknya juga saat ini mendorong penguatan peran kader kader Dasawisma di setiap desa dan kelurahan.

“Jika Dasawisma ini berperan, maka kita mudah koordinasi dan memantau kondisi ekonomi, kesehatan dan pendidikan warga di setiap wilayah,” katanya.

Untuk memaksimalkan pelaksanaan program kerja PKK di setiap desa dan memotivasi anggota PKK dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, Herfida telah mencanangkan “Desir Cantik” yaitu Desa Terintegrasi Cerdas Akuntabel Normatif Tulus Inovatif dan Kompak.(*)

Exit mobile version