Andi Utta - Andi Edy Manaf
Berita  

Penampakan Ruas Jalan Harue-Balihuko Yang Mulai Mulus: Warga Bersyukur

Bulukumba,- Ruas jalan Harue-Balihuko di Kelurahan Ballasaraja, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba kini mulai disulap mulus. Ruas jalan sepanjang 8 kilometer ini, bertahun-tahun baru dikerja.

“Alhamdulillah jalan sudah bagus. Meski masih proses pengerjaan. Kita sangat bersyukur sekali,” kata Basri, salah satu warga Ballasaraja, Selasa, 20 September 2023.

Menurut Basri, pengerjaan infrastruktur jalan tersebut, merupakan salah satu bukti komitmen Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf untuk memajukan daerah.

“Jalan ini sudah lama, bertahun-tahun baru dikerja. Pak Bupati betul-betul dikerja bukan dicerita,” jelasnya.

Lurah Ballasaraja, Bangsawan menjelaskan bahwa pengerjaan jalan ini, membuat warga merasa senang. Dulunya rusak bertahun-tahun, kini sudah kelihatan mulus.

“Semoga Ballasaraja selalu diperhatikan, dari segi pembangunan infrastuktur fisik, termasuk pengembangan sektor pertanian,” katanya.

Dengan demikian, Bangsawan juga mengajak para petani untuk memperhatikan ketahanan pangan.

“Pemerintahan Harapan Baru, di bawah kepemimpinan Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf memang diharap membawa perubahan signifikan ke depan,” tukasnya.

Dua hari sebelumnya, Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf tiba-tiba meninjau ruas jalan Harue-Balihuko yang dikerja sepanjang 8 km dengan anggaran Rp13,7 Miliar. Anggaran itu dari dana Inpres.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PUTR Bulukumba, Zain mengemukakan bahwa selain Harue-Balihuko, masih ada tiga ruas jalan lagi yang dikerja melalui dana Inpres.

Hanya saja, katanya, ketiga ruas jalan yang dikerja saat ini belum ada yang mengaspal. Namun, ia optimistis akan rampung Desember 2023.

“Tiga lainnya baru Lapis Pondasi Atas (LPA) dg bangunan pelengkap seperti Talud dan Dekker,” imbuhnya.

Untuk diketahui Kabupaten Bulukumba mendapatkan tambahan anggaran pembangunan infrastruktur jalan melalui skema Instruksi Presiden (Inpres) tahun anggaran 2023.

Selain dana DAK dan DAU sebesar Rp85,7 milyar, Bulukumba juga mendapat kucuran dana Inpres tahap pertama sebesar Rp 45,9 milyar untuk membiayai empat ruas jalan di Bulukumba.

Keempat ruas yang dibiayai oleh dana Inpres ini semuanya dikerjakan melalui Balai Besar Jalan dan Jembatan Kementerian PUPR.

Secara keseluruhan anggaran DAK, DAU dan Inpres jika totalkan untuk pembangunan jalan di Kabupaten Bulukumba tahun 2023 ini mencapai Rp131,6 milyar.(*)

Exit mobile version