Berita  

Daeng Becak “Serbu” Rujab Bupati Bulukumba

BULUKUMBA, HARAPAN BARU – Usai shalat Jum’at, ratusan warga yang profesi tukang becak dan Bentor “menyerbu” Rumah Jabatan Bupati Bulukumba. Tampak becak berjejer rapi di jalanan depan Rujab.

“Serbuan” ini karena diundang oleh Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf dan Ketua Tim Penggerak PKK Bulukumba Hj. Andi Herfida Muchtar untuk silaturahim sekaligus bersantap siang di Pendopo, Jumat 22 Desember 2023.

Sebanyak 200 orang Daeng Becak dan Bentor yang berdomisili di Kecamatan Ujung Bulu dan beberapa orang dari Kecamatan Gantarang. Pada kesempatan itu juga, Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf menyerahkan Paket Bahan Pokok berupa beras, telur dan mie instan yang disiapkan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bulukumba.

Saat silaturahim berlangsung, Bupati yang didampingi Pimpinan Baznas Kamaruddin, Muh. Nur, dan Bustan, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Daud Kahal, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan, SDM Darmawati dan Kepala Bagian Kesra Syamiah.

Andi Utta sapaan akrab bupati menyampaikan harapannya agar Daeng Becak bisa bersama-sama untuk menjaga kebersihan, keamanan dan ketentraman di Kabupaten Bulukumba.

Bupati Bulukumba (Andi Muchtar Ali Yusuf) saat menerima Ratusa Tukang Becak dan Bentor di Pendopo Rujab Bupati Bulukumba, Jum’at 22 Desember 2023.

“Kita butuh suasana kondusif sehingga Bulukumba ini bisa dipandang sebagai daerah yang aman dan bersih, termasuk dari adanya begal yang terkadang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat,”

Bupati Andi Utta menginginkan agar Bulukumba bisa lebih maju ke depan dengan hadirnya investor sebagai syarat untuk mendorong percepatan pembangunan daerah.

Salah satu tukang Bentor, Agus menyampaikan terima kasih atas bantuan tersebut. Ia mengaku sepakat dengan pernyataan Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf untuk sama-sama menjaga kebersihan daerah tercinta.

“Memang harus begitu kalau Bulukumba mau bersih. Setiap ada sampah, harus dipungut. Harus ada kesadaran bersama,” katanya.

Salah satu tukang becak, Jamaluddin mengaku pertama kali menginjakkan kakinya di rumah jabatan Bupati Bulukumba untuk menerima bantuan.

“Saya sudah lama jadi tukang becak. Tapi barusan dapat bantuan di rujab ini. Semoga masih bisa ada bantuan-bantuan seperti ini ke depan kepada kami,” jelasnya.

Camat Ujung Bulu, Andi Ashadi mengaku berterima kasih atas inisiatif dari Ketua Tim Penggerak PKK Bulukumba, Hj Andi Herfida Muchtar untuk berbagi kepada tukang becak dan bentor.

“Saya sangat bahagia melihat para tukang becak dan bentor berbahagia,” jelas Camat yang lebih akrab disapa Andi Gatot.

Ia mengatakan, bantuan itu nilainya tak seberapa. Tetapi setidaknya bantuan ini, dapat bermanfaat bagi para “pejuang rupiah” di wilayah Kecamatan Ujung Bulu.

“Bantuan ini untuk kesekian kalinya. Kita tahu sebelum-sebelumnya, Bapak Bupati memberikan bantuan tunai kepada petugas kebersihan, tim pengendali banjir hingga para imam mesjid,” kata Andi Gatot.(*)